Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points,...
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Panduan Penulis

Berikut ini adalah petunjuk penulisan paper dalam UNES Journal of Swara Justisia (UJSJ) yang diterbitkan oleh Program Magister Ilmu Hukum Universitas Ekasakti. Para penulis bertanggung jawab sepenuhnya terhadap isi naskah yang ditulis dan naskah merupakan tulisan yang belum pernah dipublikasikan [1]. Daftar rujukan dibuat secara berurut mulai dari 1, 2, 3 dan seterusnya.

Judul
Judul Ditulis dengan Font Times New Roman, size 14 Capital Letters, Left Align.
 
Penulis1, Penulis2, Penulis3, dll. (full name, not abbreviated, without a title, size 12)
1,2Institusi, Wilayah, Negara.
     Email: penulis1@gmail.com
3Institusi, Wilayah, Negara.
     Email: penulis3@gmail.com
*Corresponding Author: Email Penulis1 (size 10)
 
Judul harus jelas, lugas, singkat dan informatif yang mereprentasikan isi kandungan artikel, maksimal 15 kata, ukuran huruf 12pt, tidak cetak tebal dan hanya huruf awal kata saja yang dicetak kapital.
Nama penulis ditulis secara jelas tanpa gelar. E-mail penulis ditampilkan semuanya, jika penulis koresponding bukan penulis pertama, maka dapat ditambahkan simbol * dibelakang nama penulis Corresponding Author.
 
Abstra[Times New Roman 10]
Isi abstrak harus merangkum ringkasan yang berisi latar belakang, tujuan penelitian, metode,  hasil temuan dan kesimpulan utama dari tulisan. Penulisan abstrak dalam bahasa Indonesia ditulis dengan rata kiri-kanan, sesudah abstrak dalam bahasa Inggris, dengan satu spasi dan satu kolom. Kata Abstrak sebagai judul ditulis dalam huruf Times 10-point, tebal, rata kiri, dengan huruf pertama dikapitalkan. Teks abstrak ditulis dengan huruf Times 10-point, satu spasi, sampai lebih kurang 250 kata. Sesudah abstrak Bahasa Indonesia tuliskan kata kunci dari manuskrip 3 hingga 6 kata/frasa. Kemudian dilanjutkan dengan teks utama manuskrip.
 
Kata Kunci
kata kunci dituliskan dalam 3 - 6 kata/frasa yang sebaiknya merupakan subset dari judul manuskrip dan dipisahkan dengan tanda baca koma untuk antar kata/frasa.
 
Struktur Manuskrip
Manuskrip ditulis dengan struktur; 1. Pendahuluan, 2. Metode Penelitian (bisa meliputi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Kesimpulan dan 6. Daftar Pustaka.
Isi dari pendahuluan adalah jawaban atas pertanyaan [2,3]: (1). Latar belakang, (2). Tinjauan literatur singkat atas penelitian terkait (3). Alasan diadakan penelitian ini dan (4). Pertanyaan tujuan. State of the art, gap analysys dan noverlity terlihat disini.  Hindari membahas tinjauan pustaka dan defenisi yang bersifat umum.
 
Metodologi Penelitian
Jelaskan metode preparasi dan teknik karakterisasi yang digunakan. Jelaskan dengan ringkas, tetapi tetap akurat seperti ukuran, volume, replikasi dan teknik pengerjaan. Untuk metode baru harus dijelaskan secara rinci agar peneliti lain dapat mereproduksi percobaan. Sedangkan metode yang sudah mapan bisa dijelaskan dengan memetik rujukan [4-6].
 
Panjang Naskah
Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 dengan jumlah halaman minimum 7 halaman diluar daftar rujukan, maksimum 20 halaman, termasuk tabel dan gambar, jarak antar paragraf 1,15pt serta dengan mengacu tata cara penulisan seperti telah yang disusun pada tulisan ini.
 
Hasil dan Pembahasan
Rangkaian hasil penelitian berdasarkan urutan/susunan logis untuk membentuk sebuah cerita. Isinya menunjukan fakta/data dan jangan diskusikan hasilnya. Dapat menggunakan Tabel dan Angka tetapi tidak menguraikan secara berulang terhadap data yang sama dalam gambar, tabel dan teks. Untuk lebih memperjelas  uraian, dapat mengunakan sub judul.
Pembahasan adalah penjelasan dasar, hubungan dan generalisasi yang ditunjukkan oleh hasil. Uraiannya menjawab pertanyaan penelitian. Jika ada hasil yang meragukan maka tampilkan secara objektif.
 
Layout Manuskrip
Cara mudah membuat layout adalah dengan menggunakan panduan ini secara langsung. Pada dasarnya disarankan untuk tidak menggunakan numbering (1, 2, 3, a, b, c dst) dalam pembahasan naskah, ubah menjadi bentuk kalimat. Hindari menggunakan Bullet/daftar berurut dengan simbol *, √ dan lainnya. Hindari bagian halaman yang kosong.
Agar naskah yang disubmit dapat segera diproses oleh editor, pastikan telah ditulis dengan baik mengikuti petunjuk panduan ini dengan teliti.
 
Tabel
Tabel harus diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst.). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan posisi rata tengah (center justified), tidak ada cetak tebal maupun berwarna. Font yang dipakai berukuran 10pt baik judul tabel maupun isi tabel. Tabel harus diacu dan dirujuk dalam text. Tidak ada garis tegak lurus dalam tabel.
 
Gambar
Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan dibawah gambar dengan posisi tengah (centre justified). Font yang dipakai dalam judul gambar berukuran 10pt. Gambar harus diacu dan dirujuk dalam text.
 
Spesifikasi Halaman
Gunakan tipe huruf Times New Roman pada seluruh naskah, dengan ukuran huruf seperti yang telah dicontohkan pada panduan penulisan ini. Jarak spasi adalah single dan isi tulisan atau naskah menggunakan perataan kiri-kanan (justified). Ukuran halaman adalah A4 (210 mm x 297 mm). Margin halaman adalah 25 mm atas-bawah, kiri dan  kanan.
Cara mudah menulis naskah adalah dengan menulis langsung di template Jurnal.
 
Kesimpulan
Dalam kesimpulan tidak boleh ada referensi. Kesimpulan berisi fakta yang didapatkan, cukup  menjawab  permasalahan  atau  tujuan penelitian (jangan merupakan pembahasan lagi); Nyatakan kemungkinan aplikasi, implikasi dan spekulasi yang sesuai. Jika diperlukan, berikan saran untuk penelitian selanjutnya. Nyatakan simpulan dalam kalimat berbentuk paragraf, bukan  dalam bentuk numbering.
 
Daftar Rujukan
Disarankan menggunakan tools Mendeley/Zotero untuk manajemen rujukan. Semua yang tertera dalam daftar pustaka/rujukan harus dirujuk/diacu dalam  manuskrip. Minimal 10 referensi primer dan terbaru (5 tahun terakhir). Ditulis dengan ukuran huruf 12pt dan menggunakan APA (American Psychological Associationstyle.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.