Author Guidelines

Pedoman Penyusunan Naskah

Jenis kertas 

  1. Makalah penelitian asli. Artikel penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya dapat dikirimkan sebagai makalah biasa/makalah penelitian asli. Batasan kata adalah 8000 kata (tetapi tidak dibatasi), tidak termasuk Tabel, Gambar, dan Referensi.
  2. Tinjau makalah. Makalah ulasan ada untuk mengungkapkan pendapat dan memungkinkan penulis untuk mengirimkan materi yang mungkin tidak sesuai untuk artikel penelitian asli tetapi berisi ide-ide yang layak untuk dipublikasikan, yang mencakup surat dari Editor atau surat kepada Editor
  3. Forum kebijakan. Format forum kebijakan mendorong masukan dari peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan. Para peneliti yang telah lama terlibat dalam isu tertentu yang telah mengidentifikasi tren yang muncul atau elemen penting dari suatu isu, praktisi yang memperhatikan isu-isu yang diabaikan oleh komunitas riset, atau pembuat kebijakan yang memiliki wawasan khusus mengenai desain, penerapan, dan implementasi suatu kebijakan didorong untuk disampaikan melalui format ini untuk membentuk agenda penelitian dan kebijakan di masa depan. Dibayangkan sebagai format yang lebih pendek dan berfokus pada tren-tren yang muncul ini, penyampaian forum kebijakan harus menargetkan 1.500 - 3.000 kata. Kiriman akan melalui proses peer-review.

    Garis besar usulan yang diajukan pada awalnya harus berfokus pada pengenalan singkat mengenai permasalahan yang ada, menyajikan keseluruhan kredibilitas atau otoritas penulis mengenai topik tersebut, dan menyajikan relevansi untuk perdebatan kontemporer mengenai isu-isu penting dalam hubungan lingkungan hidup dan masyarakat di masa depan di Asia Tenggara. .
  4. Catatan dari lapangan. Konteks penelitian di Asia Tenggara – termasuk dimensi geografis, bahasa, dan budaya – dapat menjadi tantangan tersendiri mengingat luas dan keragaman wilayah tersebut. Catatan dari lapangan memberikan format bagi peneliti yang tertarik untuk berbagi pengalaman kerja lapangan dan mengajukan pertanyaan kritis tentang kompleksitas pengumpulan data. Format ini bertujuan untuk bertukar pengalaman berbeda dalam kerja lapangan, mendorong diskusi yang lebih mendalam tentang peran peneliti dan berbagai pendekatan dalam pengumpulan data, serta meningkatkan diskusi penting tentang pertimbangan etis. Format yang disarankan adalah narasi reflektif sepanjang 1.500 - 6.000 kata yang menyajikan masalah dan solusi etis, metodologis, empiris, dan lainnya.   

    Garis besar yang disarankan harus dimulai dengan memberikan pengenalan singkat tentang penelitian, diikuti dengan deskripsi metode penelitian, dan fokus pada permasalahan penelitian lapangan yang diangkat. 
  5. Keterlibatan metodologis. Batasan antara berbagai disiplin ilmu telah memudar selama bertahun-tahun. Dengan hadirnya teknologi baru, terdapat peningkatan inovasi dalam pendekatan penelitian dengan cara baru baik untuk komunikasi maupun aplikasi penelitian. Sebagai sebuah format, keterlibatan metodologis mendorong pengajuan yang memberikan wawasan dan arahan tentang cara-cara kreatif untuk mengatasi masalah penelitian yang kompleks. Dalam format ini, kami membayangkan adanya penyerbukan silang berbagai disiplin ilmu dari bidang sosial, politik, ekologi, spasial, ekonomi, dan lainnya untuk memicu perdebatan baru dan menghasilkan ide-ide penelitian di bidang penelitian yang penuh dengan kompleksitas. Formatnya terbuka untuk interpretasi kreatif, namun kami menyarankan pedoman antara 1.500 - 3.000 kata. 

    Garis besar yang disarankan harus dimulai dengan pengenalan singkat tentang topik penelitian, tradisi penelitian yang terjalin, tantangan metodologis, dan potensi penyampaian hasil penelitian.
  6. Bagian Khusus:  Bagian yang mengundang makalah penelitian asli dan ulasan artikel untuk tema tertentu. Bagian khusus memungkinkan kami menerbitkan makalah yang berfokus pada tema tertentu, sering kali terkait dengan "topik hangat". 

    Bagian Laporan terdiri dari ringkasan faktual singkat penelitian dan laporan dari institusi. Laporan dan Makalah Tinjauan harus terdiri dari 500-5000 kata.
  7. Resensi Buku. Resensi buku harus terdiri dari 800-2000 kata mengenai buku-buku baru, perangkat lunak, dan video yang relevan dengan lingkup Hutan dan Masyarakat. 
  8. Laporan Konferensi. Laporan mengenai konferensi penting yang mempunyai kepentingan khusus terhadap Hutan dan Masyarakat, sekitar 1000-2000 kata.
  9. Pertemuan yang akan datang. Pemberitahuan pertemuan yang akan datang untuk dicantumkan di bagian Kalender dipersilakan. Entri harus diterima setidaknya tiga bulan sebelum publikasi.

Pedoman Pengiriman Online

Seorang penulis harus terlebih dahulu mendaftar sebagai Penulis dan/atau ditawarkan sebagai Reviewer melalui alamat berikut: https://swarajustisia.unespadang.ac.id/index.php/UJSJ/user/register

Penulis hendaknya mengisi formulir sedetail mungkin dimana formulir yang diberi tanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua textbox formulir terisi, Penulis mengklik tombol “Daftar” untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke antarmuka pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik “Pengiriman Baru”. Di bagian Mulai, Pengiriman Baru, klik “Klik di Sini': untuk melanjutkan ke langkah pertama dari lima langkah proses pengiriman .” Berikut lima langkah dalam proses pengajuan online:

  1. Langkah 1 - Memulai Pengiriman : Pilih bagian jurnal yang sesuai, yaitu Artikel Penelitian Asli atau Artikel Review. Oleh karena itu, Penulis harus memberi tanda centang pada daftar periksa penyerahan.
  2. Langkah 2 – Mengunggah Penyerahan : Untuk mengunggah naskah ke jurnal ini, klik Telusuri pada item Unggah file penyerahan dan pilih file dokumen naskah yang akan diserahkan, lalu klik tombol Unggah. 
  3. Langkah 3 – Memasukkan Metadata Kiriman : Pada langkah ini, detail metadata penulis harus dimasukkan, termasuk penulis koresponden yang ditandai. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diunggah dengan cara copy teks dan paste ke textbox, termasuk kata kuncinya.
  4. Langkah 4 – Upload File Tambahan : File pelengkap dapat diupload, termasuk Surat Pengantar/Pengajuan, data tambahan (jika diperlukan). Oleh karena itu, klik tombol Telusuri, pilih file, lalu klik tombol Unggah.
  5. Langkah 5 – Mengonfirmasi Penyerahan : Penulis harus melakukan pemeriksaan akhir terhadap dokumen naskah yang diunggah pada langkah ini. Untuk menyerahkan naskah ke Forest and Society, klik tombol Finish Submission setelah dokumen sudah benar. Penulis terkait atau kontak utama akan menerima pengakuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan penyerahan melalui proses editorial dengan masuk ke situs alamat web jurnal. 

Dengan mengirimkan artikel Anda ke Forest and Society, Anda dan semua rekan penulis kiriman Anda menyetujui ketentuan lisensi ini. Anda tidak perlu mengisi formulir hak cipta untuk konfirmasi. Silakan lihat  Pemberitahuan Hak Cipta.

Setelah penyerahan ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang penyerahan tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status penyerahan mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka penyerahan online. Pelacakan penyerahan mencakup status peninjauan naskah dan proses editorial.

Perlu diketahui bahwa Editor akan menentukan kategori setiap kiriman artikel

Persyaratan pemformatan 

Naskah harus diketik menggunakan perangkat lunak pengolah kata (sebaiknya Microsoft Word). Harap jaga agar kata-kata tersebut sesingkat mungkin. Jagalah tata letak teks sesederhana mungkin juga.

Tidak ada persyaratan format yang ketat, tetapi semua naskah harus memuat unsur-unsur penting yang diperlukan untuk menyampaikan naskah Anda, misalnya Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Kesimpulan, Karya Seni dan Tabel dengan Keterangan.

Jika artikel Anda memuat Video dan/atau materi Tambahan lainnya, ini harus disertakan dalam kiriman awal Anda untuk tujuan tinjauan sejawat.

Judul : Ini adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian pembaca. Ingatlah bahwa pembaca adalah calon penulis yang akan mengutip artikel Anda. Identifikasi isu sentral makalah tersebut. Mulailah dengan subjek makalah. Judul harus akurat, tidak ambigu, spesifik, dan lengkap. Jangan mengandung singkatan yang jarang digunakan.

 

Struktur artikel

Bagilah artikel Anda menjadi beberapa bagian yang jelas dan diberi nomor. Subbagian diberi nomor 1, 2, dst. (abstrak tidak dicantumkan dalam penomoran bagian). Gunakan penomoran ini juga untuk referensi silang internal: jangan hanya mengacu pada 'teks'. Setiap subbagian dapat diberi judul singkat. Setiap judul harus muncul pada baris tersendiri. 

Nama Penulis dan Afiliasi
Tuliskan nama Penulis tanpa gelar dan jabatan profesional seperti Prof, Dr, Manajer Produksi, dll. Jangan menyingkat nama belakang/keluarga. Selalu berikan nama Depan dan Belakang Anda. Jika Anda memiliki nama satu kata seperti Isehu, tulislah Isehu Isehu. Tulis afiliasi yang jelas dari semua Penulis. Afiliasi meliputi jurusan/unit, (fakultas), nama universitas, alamat, negara. Harap cantumkan Penulis Koresponden (sertakan alamat email) di belakang nama.

Alamat penulis diberi superskrip dengan angka dan dipusatkan pada kedua kolom naskah.

Abstrak 
Abstrak harus jelas, ringkas, dan deskriptif. Abstrak ini harus memberikan pengenalan singkat terhadap permasalahan makalah, diikuti dengan pernyataan mengenai metodologi dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Abstrak sebaiknya tidak lebih dari 300 kata.

Kata Kunci
Maksimum 8 kata kunci yang dipisahkan dengan titik koma (;), yang penting untuk pengindeksan makalah yang tepat, harus diberikan. misalnya: kebijakan; konservasi ekologi; ekonomi; minat.

Pendahuluan 
Bagian pendahuluan (panjang yang disarankan: 500-1000 kata) memberi pembaca gambaran sekilas yang menarik tentang apa yang akan datang. Itu harus menarik perhatian pembaca dengan merangsang perhatian, minat, keinginan, dan tindakan. Dengan kata lain, pendahuluan harus “menjual” naskah secara efektif.

Pendahuluan secara umum terdiri atas: pernyataan luas mengenai tema atau topik kajian; ringkasan karya literatur yang tersedia dan mengutip penelitian terpenting yang relevan dengan penelitian saat ini; pernyataan tentang kontroversi, kesenjangan, inkonsistensi dalam literatur yang akan dibahas dalam penelitian ini; pernyataan tentang masalah/pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian atau tujuan penelitian. Anda juga dapat menyatakan di akhir pendahuluan garis besar struktur artikel lainnya.

Bahan dan Metode
Bagian bahan dan metode menjelaskan bahan yang digunakan dalam penelitian dan langkah-langkah yang diikuti dalam pelaksanaan penelitian. Penjelasan singkat mengenai metode yang digunakan juga dikemukakan agar pembaca dapat mengevaluasi kesesuaian metode, reliabilitas, dan validitas hasil.

Hasil Hasil
harus jelas dan ringkas. Hasilnya harus merangkum temuan-temuan (ilmiah) daripada memberikan data secara rinci. Harap soroti perbedaan antara hasil atau temuan Anda dan publikasi sebelumnya oleh peneliti lain.

Diskusi harus mengeksplorasi pentingnya hasil kerja, bukan mengulanginya. Pemisahan atau penggabungan bagian Hasil dan Pembahasan diterima. Hindari kutipan dan diskusi ekstensif tentang literatur yang diterbitkan.

Diskusi
Bagian diskusi adalah bagian terpenting dari artikel Anda. Di sini Anda mendapat kesempatan untuk menjual data Anda. Buatlah diskusi sesuai dengan hasil, namun jangan mengulangi hasil. Seringkali harus dimulai dengan ringkasan temuan ilmiah utama (bukan hasil eksperimen). Komponen-komponen berikut harus dibahas dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan awal atau tujuan yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang Anda sajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang dilaporkan oleh penyelidik lain (apa lagi)? Atau apakah ada perbedaan? 

Tabel dan Gambar
Semua gambar dan tabel harus dikutip dalam teks utama seperti Gambar 1, Tabel 1, dan seterusnya.

Tabel diberi nomor urut dengan judul tabel dan nomor di atas tabel. Tabel harus dipusatkan pada kolom ATAU pada halaman. Tabel harus diikuti dengan spasi baris. Elemen tabel harus diberi spasi tunggal; namun, spasi ganda dapat menunjukkan pengelompokan data atau bagian terpisah dalam tabel. Tabel diacu dalam teks dengan nomor tabel. misal Tabel 1. Jangan tampilkan garis vertikal pada tabel. Hanya ada garis horizontal yang harus ditampilkan di dalam tabel.

Gambar diberi nomor urut, dimulai dari angka 1 dengan judul gambar dan nomor di bawah gambar, seperti terlihat pada Gambar 1. Rekomendasi detail gambar adalah sebagai berikut:

Pastikan gambar jelas dan terbaca dengan huruf yang diketik.

Gambar hitam putih atau berwarna diperbolehkan.

Ilustrasi hard copy sebaiknya dipindai dan disertakan dalam versi elektronik penyerahan dalam format yang sesuai. 

Persamaan Persamaan
harus diberi nomor urut di dalam tanda kurung, seperti pada Persamaan (1). Persamaan harus disiapkan menggunakan MS Equation Editor (bukan dalam format gambar). Nomor persamaan ditempatkan di sisi paling kanan.            

Satuan, Singkatan, dan Simbol
Satuan metrik lebih disukai. Definisikan singkatan dan simbol untuk pertama kalinya saat diperkenalkan dalam teks.

Kesimpulan 
Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian. Menceritakan bagaimana pekerjaan Anda memajukan bidang ini dari kondisi pengetahuan saat ini. Tanpa Kesimpulan yang jelas, reviewer dan pembaca akan kesulitan menilai karya tersebut dan layak atau tidaknya dipublikasikan di jurnal. Jangan mengulang Abstrak atau hanya mencantumkan hasil eksperimen. Berikan pembenaran ilmiah yang jelas untuk pekerjaan Anda, dan tunjukkan kemungkinan penerapan dan perluasannya. Anda juga harus menyarankan upaya-upaya di masa depan dan/atau implikasi kebijakan.

Kontribusi Penulis:  Untuk artikel penelitian dengan beberapa penulis, paragraf pendek yang menjelaskan kontribusi masing-masing dapat disediakan. Pernyataan berikut harus digunakan “XX dan YY menyusun dan merancang eksperimen; XX melakukan percobaan; XX dan YY menganalisis data; WW menyumbangkan reagen/bahan/alat analisis; YY menulis makalahnya.” Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi besar terhadap karya yang dilaporkan.

Konflik Kepentingan:  Nyatakan konflik kepentingan atau nyatakan “Penulis menyatakan tidak ada konflik kepentingan." Penulis harus mengidentifikasi dan menyatakan keadaan atau kepentingan pribadi apa pun yang mungkin dianggap mempengaruhi representasi atau interpretasi hasil penelitian yang dilaporkan secara tidak pantas. Peran apa pun dari sponsor pendanaan dalam desain penelitian; dalam pengumpulan, analisis, atau interpretasi data; dalam penulisan naskah, atau dalam keputusan untuk mempublikasikan hasilnya harus dinyatakan di bagian ini. Jika tidak ada peran, silakan nyatakan, “ Sponsor pendiri tidak mempunyai peran dalam desain penelitian; dalam pengumpulan, analisis, atau interpretasi data; dalam penulisan naskah, dan dalam keputusan untuk mempublikasikan hasilnya.”

Ucapan Terima Kasih : Hargailah pihak-pihak yang telah membantu penelitian ini, terutama yang mendanai penelitian Anda. Sertakan individu-individu yang telah membantu Anda dalam studi Anda: Penasihat, Pendukung Keuangan, atau mungkin pendukung lainnya, misalnya Proofreader, Pengetik, dan Pemasok yang mungkin telah memberikan materi. 

Catatan Kaki
Catatan kaki hendaknya digunakan dengan hemat. Beri nomor secara berurutan di seluruh artikel. Banyak pengolah kata yang dapat membuat catatan kaki ke dalam teks, dan fitur ini dapat digunakan. Jangan sertakan catatan kaki dalam daftar Referensi.

Lampiran 
Lampiran adalah bagian opsional yang dapat berisi rincian dan data tambahan pada teks utama. Misalnya, penjelasan mengenai detail eksperimental yang akan mengganggu alur teks utama, namun tetap penting untuk memahami dan mereproduksi penelitian yang ditampilkan; gambar ulangan untuk percobaan yang data representatifnya ditunjukkan pada teks utama dapat ditambahkan di sini jika singkat, atau sebagai data tambahan. Bukti matematis dari hasil yang tidak penting dalam makalah ini dapat ditambahkan sebagai lampiran.

Semua bagian lampiran harus dikutip dalam teks utama. Pada lampiran, Gambar, Tabel,  dan lain-lain , diberi label yang diawali dengan 'A', misal Gambar A1, Gambar A2,  dst .

Referensi
Tidak ada persyaratan ketat mengenai format referensi saat penyerahan, namun kami menganjurkan penggunaan keluaran kutipan APA. Referensi bisa dalam gaya atau format apa pun asalkan gayanya konsisten. Jika berlaku, nama penulis, judul jurnal/judul buku, judul bab/judul artikel, tahun penerbitan, nomor volume/bab buku, dan penomoran halaman harus ada.

Tautan web ini  https://bowvalleycollege.libguides.com/apa-style/article-nodoi  atau  https://apastyle.apa.org/style-grammar-guidelines/references/examples , yang menjelaskan kutipan APA dapat bermanfaat. Penggunaan DOI sangat dianjurkan. Gaya referensi jurnal akan diterapkan pada artikel yang diterima oleh Editor pada tahap pembuktian. Perhatikan bahwa data yang hilang akan disorot pada tahap pembuktian untuk diperbaiki oleh Penulis. Harap pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Hasil yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak direkomendasikan dalam daftar referensi tetapi dapat disebutkan dalam teks. Silakan gunakan Aplikasi Manajer Referensi seperti EndNote, Mendeley, Zotero, dll. Gunakan artikel lain yang diterbitkan di jurnal yang sama dengan model. Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus dimasukkan sebagai daftar referensi. Referensi dicantumkan berdasarkan abjad. Harap pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Silakan lihat contoh di bawah ini untuk referensi yang umum digunakan.

  • Artikel Jurnal
    Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun terbit). Judul Artikel: Mengkapitalkan Setiap Kata Pertama. Nama Jurnal: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Besar dan Menggunakan Gaya Miring, Volume (Masalah), halaman pertama-halaman terakhir. https://doi.org/10.xxx/yyyyyy
  • Buku
    Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun terbit). Judul Buku: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Besar dan Menggunakan Gaya Miring.  Penerbit.
  • Bab buku
    Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun terbit). Judul Bab Buku: Mengkapitalkan Setiap Kata Pertama. Dalam A. Editor & B. Editor (Eds.),  Judul Buku: Mengkapitalkan Setiap Kata Pertama dan Menggunakan Gaya Miring  (halaman pertama-halaman terakhir bab). Penerbit.
  • Disertasi/Tesis
    • Nama Belakang yang Diterbitkan, Nama Depan. (Tahun terbit). Judul Disertasi/Tesis: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Kapital dan Menggunakan Gaya Miring.  (ID/nomor Publikasi) [Disertasi Doktor/Tesis Magister, Nama Universitas]. Penerbit.
    • Nama Belakang, Nama Depan tidak dipublikasikan. (Tahun terbit). Judul Disertasi/Tesis: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Kapital dan Menggunakan Gaya Miring.  [Disertasi doktoral/Tesis Magister tidak dipublikasikan]. Nama Universitas.
  • Nama Belakang Prosiding Konferensi, Nama Depan. (Tahun terbit). Judul Artikel: Mengkapitalkan Setiap Kata Pertama. Nama Prosiding Konferensi: Menggunakan Huruf Besar Setiap Kata Pertama dan Menggunakan Gaya Miring, Volume (Masalah), halaman pertama-halaman terakhir. https://doi.org/10.xxx/yyyyyy
  • Nama Belakang Kertas Kerja, Nama Depan. (Tahun terbit). Judul Makalah: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Kapital dan Menggunakan Gaya Miring.  Nama Kertas, No.XX. Penerbit. Tersedia di http://website.com/full
  • Laporan Instansi atau Organisasi Pemerintah
    Nama Instansi atau Organisasi. (Tahun terbit). Judul Laporan: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Besar dan Menggunakan Gaya Miring. Penerbit/Nama Instansi atau Organisasi. Diperoleh dari http://website.com/full
  • Nama Belakang Situs Web/Halaman Web, Nama Depan. (Tanggal publikasi). Judul Makalah: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Kapital dan Menggunakan Gaya Miring.  Nama Halaman Web. http://website.com/full
  • Nama Belakang Halaman Web Berita, Nama Depan. (Tanggal publikasi). Judul Makalah: Setiap Kata Pertama Menggunakan Huruf Kapital dan Menggunakan Gaya Miring.  Nama Berita. http://newsname.com/full

Untuk sekadar mengikuti panduan jurnal kami, silakan unduh  TEMPLATE ini dan ganti kontennya dengan materi Anda sendiri. 

Unes Journal of Swara Justisia mempunyai kebijakan penyaringan terhadap plagiarisme. Kami menggunakan Software Anti Plagiarisme  Turnitin  untuk memeriksa keaslian artikel