PENERAPAN ATURAN STANDAR MINIMAL PERLAKUAN TERHADAP NARAPIDANA DALAM PEMBINAAN SISTEM PEMASYARAKATAN (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Solok)

Sistem Pembinaan SMR

Authors

  • Iyah Faniyah
    iyahfaniyah01@gmail.com
    Universitas Ekasakti, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Nora Wulan Sari Universitas Ekasakti, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
December 13, 2022
December 26, 2022

Downloads

Sejak tahun 1964 sistem pembinaan bagi narapidana telah berubah secara mendasar yaitu dari sistem kepenjaraan menjadi sistem pemasyarakatan. Tujuan perubahan ini adalah untuk perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM). Pembaharuan ini mengacu pada Standard Minimum Rules for The Treatment Of Prisoners (SMR) 1933, yang berlaku untuk seluruh negara anggota PBB. Indonesia sebagai  anggota PBB menerapkan sistem pembinaan ini di dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yang penerapannya di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Solok melalui pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Lapas yang seyogyanya adalah tempat pembinaan warga binaan pemasyarakatan tidak akan berfungsi secara maksimal dengan keadaan yang kelebihan penghuni.

How to Cite

Faniyah, I., & Sari, N. W. (2022). PENERAPAN ATURAN STANDAR MINIMAL PERLAKUAN TERHADAP NARAPIDANA DALAM PEMBINAAN SISTEM PEMASYARAKATAN (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Solok). Unes Journal of Swara Justisia, 6(3), 328-336. https://doi.org/10.31933/ujsj.v6i3.279

Similar Articles

1-10 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.